Sabtu, 12 Desember 2009

DESA DAN KELURAHAN MERUPAKAN UJUNG TOMBAK PEMBANGUNAN

Rabu, 29 Juli 2009
Reporter : ENDANG SUMARDI

Desa dan kelurahan, sejatinya merupakan ujung tombak, sekaligus kunci keberhasilan pembangunan dalam berbagai bidang. Sebab berhasil tidaknya proses pembangunan yang dilaksanakan selama ini, parameternya ada di desa dan kelurahan.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, saat memberi sambutan pada acara peresmian Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, sebagai Kelurahan Sejahtera Binaan Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), serta peresmian Rumah Pintar Kadeudeuh RW 6 Kelurahan Cisarua, hari Rabu, 29 Juli 2009, di wilayah RT 1 RW 6 Cijangkar Kelurahan Cisarua.

Ditandaskannya, keberhasilan pembangunan nasional, merupakan akumulasi dari keberhasilan pembangunan-pembangunan yang dilaksanakan di desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Untuk itu, sejalan dengan fungsinya yang sangat strategis, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan pembangunan pedesaan, sebagai salah satu prioritas pembangunan daerah. Langkah tersebut ditempuh, mengingat mayoritas penduduk Jawa Barat tinggal di pedesaan. Yakni hampir mencapai 55 persen atau sekitar 23,1 juta jiwa dari total penduduk Jawa Barat 42 juta jiwa, rata-rata tinggal di pedesaan. Berkaitan dengan hal tersebut, sangat tepat apabila pembangunan, baik Kabupaten dan Kota maupun Provinsi dan Pemerintah Pusat, fokus untuk melaksanakan pembangunan-pembangunan di pedesaan.

Selain itu, dari 10 juta jiwa penduduk miskin di Jawa Barat, tercatat 60 persen berada di pedesaan. Hal tersebut disebabkan, karena masih kurangnya akses kepada desa-desa, termasuk informasi-informasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusianya, masih perlu ditingkatkan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pembangunan Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Kreatif, Indonesia Peduli dan berbagai program SIKIB ini sangat diperlukan. Untuk itu, Wakil Gubernur Jawa Barat berharap kepada SIKIB, agar pembangunan Rumah Pintar tersebut, tidak hanya dilakukan di Kota Sukabumi saja, akan tetapi dilaksanakan pula di daerah Jawa Barat lainnya.

Upaya konkrit yang saat ini dilakukan dan dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengatasi permasalahan tersebut, yakni dengan menjadikan desa sebagai pusat kegiatan bagi masyarakat pedesaan. Karenanya, sebagai pusat kegiatan masyarakat, desa harus memiliki sejumlah fasilitas penunjang. Diantaranya tempat untuk berkumpul, untuk bermusyawarah, tempat ber-ibadah atau mesjid, tempat untuk menjalankan aktifitas perekonomian atau pasar, tempat untuk menjalankan pusat pembelajaran atau sekolah dan perpustakaan, serta fasilitas pendukung lainnya. Konsepsi ini diistilahkan dengan nama desa peradaban, dengan tujuan setiap desa di Jawa Barat, suatu saat akan mampu menjadi pusat-pusat peradaban bagi masyarakat.

Berkaitan dengan prosesi peresmian Desa atau Kelurahan Sejahtera dan Rumah Pintar Kadeudeuh Binaan SIKIB, diharapkannya merupakan salah satu bagian dari langkah bersama, dalam membangun desa yang lebih berkualitas. Selain itu, program ini dapat menjadi kombinasi yang mantap, melalui program desa membangun dengan konsepsi desa peradaban, yang akan diterapkan di daerah Jawa Barat.

situs resmi kota sukabumi
http://www.sukabumikota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar