Sabtu, 12 Desember 2009

Pemprov Jabar dan Program Desa Peradaban

Bandung, Pelita-Pemprov Jabar akan menggulirkan program Desa Peradaban pada tahun 2010. Rencananya, akan dibangun sekitar 100 desa peradaban yang akan dijadikan contoh ideal sebuah desa maju di Jabar. Hal itu ditegaskan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat membuka pameran buku dan multimedia Kompas Gramedia, di Sabuga, Bandung, Rabu (29/4).
Ahmad Heryawan juga mengakui saat masih ada sekitar 4,68 persen dari 42 juta penduduk Jabar yang belum melek huruf. Karena itu, Pemprov Jabar bertekad menekan angka persentase itu dengan meningkatkan taraf hidup melalui pendidikan.
Ia menerangkan, ada tujuh syarat untuk membangun sebuah desa peradaban, yakni komunitas yang cukup, sarana ibadah, pendidikan, pasar, ruang terbuka, puskesmas dan balai pertemuan. Ini syarat ideal yang nanti akan dikembangkan. Untuk itu akan dibangun percontohan desa peradaban, ujar Heryawan.
Terkait kondisi masyarakat buta huruf, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar disebutkan Kabupaten Indramayu tingkat buta huruf mencapai 22,7 persen, Karawang 12,2 persen, Subang 11,9 persen dan Kabupaten Cirebon 11,5 persen. Beberapa wilayah yang tingkat buta hurufnya kurang dari 1 persen adalah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya dan Kota Bogor. (ck-07/ck-03)

Harian Umum Pelita 13 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar