Sabtu, 12 Desember 2009

Jabar Bangun 100 Desa Peradaban

Kamis, 30 April 2009 | 14:34 WIB

Bandung, Warta Kota

Guna mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat pedesaan yang ideal, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggulirkan program "Desa Peradaban". Program yang digulirkan tahun 2010 mendatang itu akan melibatkan 100 desa di 26 kabupaten/kota.

"Seratus Desa Peradaban itu akan menjadi percontohan ideal sebuah desa maju di wilayah Jabar," kata Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan, di Bandung, Kamis.

Untuk mendorong kemajuan peradaban, ada sejumlah faktor utama yang harus ada di sebuah komunitas, yakni tersedianya sarana pendidikan dan lingkungan yang didukung sarana kesehatan dan berjalannya aktivitas perekonomian.

"Melalui program Desa Peradaban, diharapkan dapat mendorong tingkat kesejahteraan penduduk. Desa itu diharapkan menjadi model dan bisa ikuti desa lainnya," kata Heryawan.

Ada tujuh syarat untuk membangun sebuah Desa Peradaban. Yakni komunitas yang cukup, tersedianya sarana ibadah, sarana pendidikan, pasar rakyat, ruang terbuka, Puskesmas dan balai pertemuan. Ini dikembangkan di desa percontohan yang menjadi ’pilot project’ pengembangan desa-desa lainnya.

"Untuk membangun peradaban yang maju, tidak ada kata lain dengan meningkatkan taraf pendidikan masyarakat, karena segala permasalahan di masyarakat sebagian akibat minimnya tingkat pendidikan," kata Heryawan. (Ant/tig)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar